Sabtu, 19 Maret 2011

Modifikasi Suzuki SX4 Daily Use

Suzuki SX4 Crossover 2009

Akhirnya setelah beberapa bulan menunggu inden, datang juga mobil Suzuki SX4 ini diantar ke rumah, terpikir oleh saya untuk memodifikasi mobil ini baik dari segi eksterior, maupun interior, tanpa harus mengorbankan fungsi mobil sebagai kendaraan operasional sehari-hari. Saya ingin modifikasi mobil ini ke arah racing style, dikarenakan Suzuki SX4 punya aura sebagai mobil sport atau rally dan mempunyai reputasi di ajang WRC.

Apa saja ya yang bisa kita lakukan agar tampilan mobil kesayangan kita semakin cantik ?


1. Ganti Velg

Ganti Velg adalah jalan pintas untuk mendongkrak tampilan mobil, begitu velg standar yang diameternya kecil diganti dengan yang besar (lebih besar 1-2 inchi), tampilan mobil kamu langsung berubah, dari penggantian velg inilah awalnya kamu bisa melihat arah modifikasi mobil kamu kedepannya seperti apa. Penggantian velg yang lebih besar harus diikuti dengan penggantian profil ban yang lebih tipis agar diameter keseluruhan roda dan tinggi mobil tidak berubah.
Jangan mengganti velg dengan diameter lebih 2 inchi dari ukuran velg standar, karena pasti dijamin tidak nyaman, resiko gasrot difendernya, ditambah kondisi jalan di Indo yang masih banyak lubang dan polisi tidur, ujung-ujungnya kamvas rem dan kaki-kaki mobil harus bekerja ekstra untuk menanggung beban velg yang besar ini.

velg, desain, dan warna mempengaruhi
konsep dan penampilan mobil


2. Upgrade Audio

Lakukan penyetingan audio pada instalatur audio yang paham tentang audio mobil. Upgrade audio mobil yang pertama kali dilakukan adalah mengganti speaker depan yang standar dengan yang lebih bagus kualitas dan harganya, seperti speaker split. Berhubung saya selalu menyetir mobil sendiri, karena itu kuping sopir harus selalu dimanjakan, jadi jangan ragu untuk membeli speaker split yang kualitas baik.
Setelah mengganti speaker depan, kualitas suara total berubah, saya juga membeli Ipod Adaptor untuk head unit Clarion (head unit bawaan SX4) agar saya bisa memainkan lagu-lagu yg ada di Ipod saya, terakhir jangan lupa memakai peredam suara yang ditempel di panel pintu, untuk meredam suara dari luar dan menambah senyap kabin.

twitter speaker split agar suara lebih jernih


3. Pelapis Jok

Agar tampilan interior mobil kamu semakin mewah menarik, dan membuat kamu nyaman didalam kabin, kamu bisa melapis jok standar dengan pelapis jok kulit merk MB Tech Camaro, tinggal sesuaikan model, warnanya, dan jahitannya dengan konsep modifikasi kamu, agar kamu betah berlama-lama duduk didalam kabin. Jangan lupa untuk melapisi karpet dasar mobil kamu dengan kulit sintetik juga agar tidak mudah kotor dan lebih mudah dibersihkan, untuk karpet dasar cukup memakai produk yang kualitasnya dibawah MB Tech.

pelapis jok kulit sintetis MB Tech


4. Stiker Mobil

Dibanding cat, menggunakan stiker mobil adalah cara yang paling aman untuk mengubah tampilan bodi mobil kamu, karena stiker ini sifatnya tidak permanen, kalau kamu bosan bisa kamu copot sendiri tanpa merusak lapisan cat mobil kamu.
Saya termasuk penggemar stiker carbon, sehingga saya mengaplikasikan stiker dry carbon dari produk 3M, untuk dipasang di kap mesin dan dibeberapa panel eksterior dan interior, sehingga aura racing nya makin terasa.

3M stiker dry carbon pada kap mesin


5. Ganti Per

Karena ground clearence SX4 ini cukup tinggi, meskipun sudah ganti velg dan ban tetap saja mobil terlihat cingkrang. Ganti per mobil kamu untuk menurunkan ketinggian jarak dari ban ke fender atau bahasa lainya "bikin ceper", makin rendah makin enak dilihat, dan handling berkendara makin mantab, tetapi tetap disesuaikan dengan kebutuhan.
Cara yang aman adalah dengan menggusur per standar dengan per aftermarket seperti per merk Eibach ini yang sudah didesain khusus oleh para ahlinya untuk setiap jenis mobil tertentu dan tinggal plug n play saja, mudah, tidak repot, karena itu pastinya jauh lebih aman dan nyaman daripada pasang per copotan dari mobil lain.

1 set per Eibach Pro Kit


6. Ganti Filter Udara

Ganti filter udara dengan jenis open air seperti filter udara aftermarket merk Simota ini yang sudah didesain untuk Suzuki SX4, agar tampilan ruang mesin kamu lebih eye cathing, dan pasokan udara yang masuk keruang bakar mobil kamu lebih cepat dan kaya, sehingga tanpa injek gas dalam-dalam, mobil kamu sudah ngacir. Kelemahan filter udara open air ini adalah cepat kotor, dan harus sering-sering dibersihkan, idealnya setiap 2500km, apalagi kalau sering berkendara dikondisi yang berdebu dan hujan.

filter open air Simota, gas lebih enteng


Itu saja sekilas tentang SX4 saya yang telah dimodifikasi tanpa meninggalkan fungsinya sebagai kendaraan operasional sehari-hari. Hal-hal lain yang bisa kamu eksplorasi untuk meningkatkan tampilan dan performa kendaraanmu, tinggal sesuaikan saja dengan kreatifitas, kebutuhan, dan budget kamu.

Selamat berkendara, patuhi aturan-aturan lalu lintas yang berlaku dijalan, dan hormati hak-hak pengguna jalan lain, terima kasih.


jangan lupa cuci mobil rutin

hmmm... belanja apalagi yah ?


words & photos by Aeriophoen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar