Jumat, 14 Desember 2012

Wisata Kawah Putih - Ciwidey - Bandung

Desember 2012 seminggu sebelum Natal pada weekday saya berwisata ke Bandung tepatnya untuk menunjungi Kawah Putih (White Crater) yang terkenal di Jawa Barat. Dari Jakarta dengan menggunakan mobil SX4 melewati tol Cikampek - Cipularang - Purbaleunyi dan exit tol Kopo, perjalanan ditempuh selama 5 jam karena di daerah Kopo agak macet, kemudian saya menuju Ciwidey.

Akhirnya tibalah saya di Kawah Putih Ciwidey, sekitar 1 1/2 jam dr exit tol Kopo, dan saya parkir di parkiran bawah area wisata kawah putih. Begitu keluar dari mobil seseorang datang memberikan tiket parkir seharga Rp.6000 dan saya membayarnya. Kemudian saya membeli....

- tiket untuk masuk ke dalam area Kawah Putih seharga  Rp. 15.000/orang
- tiket ontang-anting (kendaraan untuk masuk kawah)       Rp. 10.000/orang
- tiket parkir (padahal td sudah ditagih diawal)                   Rp.  6.000/mobil

------------------------------------------------------------------------- Total    Rp. 31.000

Parkiran bawah

Setelah membayar tiket saya duduk di halte dekat loket untuk menunggu Ontang-anting. Ini adalah sarana untuk masuk ke parkiran atas bagi yang memakai sepeda motor karena tidak boleh membawa sepeda motor keparkiran atas. Layaknya angkot, sopir Ontang-anting ini kalau belum penuh ya belum mau jalan.
Bagi yang membawa mobil bisa juga menyetir sampai ke parkiran atas, tetapi dikenakan biaya Rp.250.000, dan saya rasa itu sangat mahal sekali (mereka menyebutnya biaya Jasa Lingkungan). Kalau saran saya lebih baik naik Ontang-anting bila ingin berhemat.

Naik Ontang-anting bikin pusing

Setelah sampai di parkiran atas Kawah Putih, saya berjalan menuju area kawah putih, disini sudah terlihat kabut yang tebal. Saya sarankan untuk membawa masker jika ingin berlama-lama disana bawalah juga jaket yang tebal karena udaranya akan sangat dingin walaupun di siang hari. Tetapi apabila cuaca kurang bersahabat, kita tidak akan diizinkan untuk memasuki area Kawah.

Amazing White Crater created by Allah SWT

Subhanallah... pemandangan indah kawah sudah terlihat dari jauh, warna hijau muda kebiru-biruan memenuhi menjadikan kawah ini sangat cantik, teteapi kandungan belerang yg tinggi dan baunya yang menyengat membuat kita gampang pusing, maka pakailah masker bila diperlukan.
Memang benar tempat ini sangat cantik, dan karena kawah putih serta gunungnya berselimutkan kabut tidak jarang tempat ini sering dijadikan tempat berfoto pre wedding bagi calon pengantin.

Kawah Putih (White Crater)

Terdapat juga goa bekas tambang belerang, tetapi goa ini ditutup dengan batang-batang kayu dan ada tulisan larangan berdiri terlalu lama di depan goa, mungkin khawatir terhirup gas belerangnya atau alasan mistis lainnya, dan memang goa ini cukup menyeramkan apabila kita memandang cukup lama kedalam.

Goa Tambang Belerang

Setelah puas berfoto-foto ria selama setengah jam, kabut tebal mulai datang, saking tebalnya mirip suasana film Silent Hill karena jarak pandang hanya 5m kedepan disertai dengan bau belerang yang menyengat memaksa saya meninggalkan tempat ini dan berakhirlah perjalanan saya kali ini :D

Kabut Tebal serasa di Silent Hill

Rabu, 06 Juli 2011

Menghilangkan Bekas Aspal dan Hotmix di Bodi Mobil

Setelah ber offroad ria didaerah Bogor dan Sentul Jawa Barat bodi mobil menjadi kotor berlumpur, dalam perjalanan pulang saya mengunjungi salah satu bengkel snow wash didaerah Jakarta Selatan,
setelah selesai di snow wash saya melihat kotoran-kotoran aspal dan hotmix yang menempel disekitar pintu depan dan fender mobil, kotoran ini disebabkan cipratan aspal dan hotmix yang belum kering dan tidak hilang hanya dengan mencuci mobil dengan shampo, tetapi hilang bila saya menggunakan jasa salon mobil untuk bodi dengan biaya sekitar Rp. 400 ribu rupiah, wow mahal sekali.
Akhirnya saya urungkan niat saya, dan memutuskan untuk mengerjakan sendiri.

Dalam perjalanan pulang saya mampir ke Ace Hardware untuk membeli tar insect remover, micro fiber cleaning glove, dan liquid wax, untuk menghilangkan noda aspal yg membandel.
- Tar insect remover merk Astonish Car Care dengan harga Rp.36.000,-,
- micro fiber cleaning glove merk Pro Clean dengan harga Rp.11.550,-
- liquid wax merk merk Black Magic dengan harga Rp. 97.800,
total belanja adalah Rp.145.300,- dan ini adalah produk dengan harga terjangkau.
Jangan lupa siapkan lap kain sintetis atau kanebo,
sebelumnya saya sudah punya 1 kain micro fibre dan 1 lap kain sintetis dirumah.

1. Yang pertama kali harus dilakukan adalah mencuci seluruh bodi mobil, sudah saya lakukan ditempat snow wash tadi.

2. Basahi dengan air tempat menempelnya kotoran, lalu lap dengan kain sintetis.

3. Semprotkan tar insect remover secukupnya, tunggu hingga 30 detik setelah itu lap untuk menghilangkan kotorannya dengan kain micro fiber atau kain apapun yg halus dan tidak merusak bodi mobil.

4. Ulangi menyemprot tunggu beberapa saat dan gosok dengan lap sampai kotorannya hilang.

5. Semprot bodi dengan air dan keringkan dengan lap sintetis.

6. Tambahkan lapisan wax bila diinginkan, untuk melindungi cat bodi mobil dari kotoran dan sinar matahari.

7. Tunggu sampai lapisan wax nya mengering, dan lap lagi (gerakan melingkar) dengan kain micro fiber yang baru untuk menghilangkan sisa waxnya.

8. Sudah selesai... cling cling cling...

Asyiknya mengerjakan pekerjaan sendiri, selain hasilnya lebih memuaskan juga hemat biaya, dan isi produk pembersihnya masih tersisa banyak, bisa untuk persediaan.

Sayangi dan rawatlah mobil anda maka ia akan menjaga anda.

Kamis, 05 Mei 2011

Best Pictures Skateboarding at Greenpark

This is some of my best pictures taken by my friends when i was skating at Greenpark,

thanks for the photo shoot fellas...

backside grab (photo by Dimas)

frontside boardslide (photo by Dimas)

pop shove it (photo by George)

trey flip (photo by Dick Baok)

backside rock and roll (photo by Dicky Baok)

backside 5-0 (photo by Miki)

Skateboarding is fun, if it's not fun, don't even do it....

Minggu, 27 Maret 2011

Car Free Day Dengan Sepeda Lipat

tinggalkan mobil untuk bersepeda

Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan di Jakarta ini dimulai pk. 06.00 sampai 12.00, diadakan setiap 2 minggu sekali pada hari minggu. Kemudian pada tanggal 27 Maret 2011 saya mengikuti kegiatan CFD dengan memarkir mobil di Ragunan, dan mulai menggunakan sepeda lipat (seli) ini dengan membawa skateboard di ransel bersama teman-teman yang juga skateboarders naik bus menuju kawasan Sudirman-Thamrin.

Berangkat dari terminal Busway Ragunan pada jam 8 pagi, dengan menggunakan Bus Transjakarta. Sempat terpikir bolehkah seli ini dibawa naik kedalam bus, ternyata boleh asalkan sepeda ini dilipat, yang tidak diijinkan masuk adalah sepeda-sepeda ukuran besar yang tidak dapat dilipat seperti Fixie Bixe, MTB, BMX, dll.

berangkat dengan Bus Transjakarta koridor 6

Jam 08.00 pagi bus tidak terlalu penuh penumpang, karena itu saya tidak kerepotan membawa seli ini, dan hanya butuh waktu +/- 20 menit bus ini sudah sampai di Terminal Dukuh Atas 1. Setelah sampai saya mulai membuka lipatan sepeda ini dan start untuk gowes menuju ke Bundaran HI bersama teman-teman yang menggunakan skateboard. Disepanjang jalan saya melihat banyak yang bersepeda dengan berbagai jenis sepeda, sepertinya didominasi oleh sepeda Fixie, ada juga yang menggunakan sepeda low rider, high rider, atau berkuda.

berbagai jenis sepeda menghiasi jalan

skateboarders

jalan tanpa polusi

Sangat menyenangkan bisa gowes sepeda di Jalan Sudirman-Thamrin ini yang pada hari biasa dipenuhi dengan kendaraan bermotor, apalagi bisa bermain skateboard di Bundaran HI bersama kawan-kawan, tetapi harus tetap waspada dikarenakan Bus Transjakarta tetap beroperasi seperti biasa melewati jalur-jalur CFD.

gowes sepanjang Sudirman-Thamrin

aksi "surfing" sepeda fixie

Setelah puas bermain sepeda dan skating disekitar Bundaran HI - Sudirman - Thamrin saya dan teman-teman memutuskan untuk pulang, Pada jam 14.00 saya tiba di Halte Busway Dukuh Atas 1, ternyata halte ini lumayan penuh oleh calon penumpang yang menunggu bus, apalagi bus Koridor 6 datang dengan interval 15 menit sekali, jadi cukup kerepotan saya membawa seli ini walaupun posisinya sudah terlipat.

Lumayan juga kegiatan hari minggu kali ini, sangat menyenangkan bagi saya karena biasanya hari minggu saya bermain skateboard diskatepark, walaupun harus berhadapan dengan penuh sesaknya bus Transjakarta yang masih jauh dari kenyamanan, tapi pengalaman hari ini luar biasa. Terimakasih buat teman-teman.

kumpul-kumpul sepeda

kumpul-kumpul para skateboarders

Less Driving, More Bicycling, Stay Skateboarding.

Sabtu, 19 Maret 2011

Modifikasi Suzuki SX4 Daily Use

Suzuki SX4 Crossover 2009

Akhirnya setelah beberapa bulan menunggu inden, datang juga mobil Suzuki SX4 ini diantar ke rumah, terpikir oleh saya untuk memodifikasi mobil ini baik dari segi eksterior, maupun interior, tanpa harus mengorbankan fungsi mobil sebagai kendaraan operasional sehari-hari. Saya ingin modifikasi mobil ini ke arah racing style, dikarenakan Suzuki SX4 punya aura sebagai mobil sport atau rally dan mempunyai reputasi di ajang WRC.

Apa saja ya yang bisa kita lakukan agar tampilan mobil kesayangan kita semakin cantik ?

1. Ganti Velg

Ganti Velg adalah jalan pintas untuk mendongkrak tampilan mobil, begitu velg standar yang diameternya kecil diganti dengan yang besar (lebih besar 1-2 inchi), tampilan mobil kamu langsung berubah, dari penggantian velg inilah awalnya kamu bisa melihat arah modifikasi mobil kamu kedepannya seperti apa. Penggantian velg yang lebih besar harus diikuti dengan penggantian profil ban yang lebih tipis agar diameter keseluruhan roda dan tinggi mobil tidak berubah.
Jangan mengganti velg dengan diameter lebih 2 inchi dari ukuran velg standar, karena pasti dijamin tidak nyaman, resiko gasrot difendernya, ditambah kondisi jalan di Indo yang masih banyak lubang dan polisi tidur, ujung-ujungnya kamvas rem dan kaki-kaki mobil harus bekerja ekstra untuk menanggung beban velg yang besar ini.

velg, desain, dan warna mempengaruhi
konsep dan penampilan mobil

2. Upgrade Audio

Lakukan penyetingan audio pada instalatur audio yang paham tentang audio mobil. Upgrade audio mobil yang pertama kali dilakukan adalah mengganti speaker depan yang standar dengan yang lebih bagus kualitas dan harganya, seperti speaker split. Berhubung saya selalu menyetir mobil sendiri, karena itu kuping sopir harus selalu dimanjakan, jadi jangan ragu untuk membeli speaker split yang kualitas baik.
Setelah mengganti speaker depan, kualitas suara total berubah, saya juga membeli Ipod Adaptor untuk head unit Clarion (head unit bawaan SX4) agar saya bisa memainkan lagu-lagu yg ada di Ipod saya, terakhir jangan lupa memakai peredam suara yang ditempel di panel pintu, untuk meredam suara dari luar dan menambah senyap kabin.

twitter speaker split agar suara lebih jernih

3. Pelapis Jok

Agar tampilan interior mobil kamu semakin mewah menarik, dan membuat kamu nyaman didalam kabin, kamu bisa melapis jok standar dengan pelapis jok kulit merk MB Tech Camaro, tinggal sesuaikan model, warnanya, dan jahitannya dengan konsep modifikasi kamu, agar kamu betah berlama-lama duduk didalam kabin. Jangan lupa untuk melapisi karpet dasar mobil kamu dengan kulit sintetik juga agar tidak mudah kotor dan lebih mudah dibersihkan, untuk karpet dasar cukup memakai produk yang kualitasnya dibawah MB Tech.

pelapis jok kulit sintetis MB Tech

4. Stiker Mobil

Dibanding cat, menggunakan stiker mobil adalah cara yang paling aman untuk mengubah tampilan bodi mobil kamu, karena stiker ini sifatnya tidak permanen, kalau kamu bosan bisa kamu copot sendiri tanpa merusak lapisan cat mobil kamu.
Saya termasuk penggemar stiker carbon, sehingga saya mengaplikasikan stiker dry carbon dari produk 3M, untuk dipasang di kap mesin dan dibeberapa panel eksterior dan interior, sehingga aura racing nya makin terasa.

3M stiker dry carbon pada kap mesin

5. Ganti Per

Karena ground clearence SX4 ini cukup tinggi, meskipun sudah ganti velg dan ban tetap saja mobil terlihat cingkrang. Ganti per mobil kamu untuk menurunkan ketinggian jarak dari ban ke fender atau bahasa lainya "bikin ceper", makin rendah makin enak dilihat, dan handling berkendara makin mantab, tetapi tetap disesuaikan dengan kebutuhan.
Cara yang aman adalah dengan menggusur per standar dengan per aftermarket seperti per merk Eibach ini yang sudah didesain khusus oleh para ahlinya untuk setiap jenis mobil tertentu dan tinggal plug n play saja, mudah, tidak repot, karena itu pastinya jauh lebih aman dan nyaman daripada pasang per copotan dari mobil lain.

1 set per Eibach Pro Kit

6. Ganti Filter Udara

Ganti filter udara dengan jenis open air seperti filter udara aftermarket merk Simota ini yang sudah didesain untuk Suzuki SX4, agar tampilan ruang mesin kamu lebih eye cathing, dan pasokan udara yang masuk keruang bakar mobil kamu lebih cepat dan kaya, sehingga tanpa injek gas dalam-dalam, mobil kamu sudah ngacir. Kelemahan filter udara open air ini adalah cepat kotor, dan harus sering-sering dibersihkan, idealnya setiap 2500km, apalagi kalau sering berkendara dikondisi yang berdebu dan hujan.

filter open air Simota, gas lebih enteng

Itu saja sekilas tentang SX4 saya yang telah dimodifikasi tanpa meninggalkan fungsinya sebagai kendaraan operasional sehari-hari. Hal-hal lain yang bisa kamu eksplorasi untuk meningkatkan tampilan dan performa kendaraanmu, tinggal sesuaikan saja dengan kreatifitas, kebutuhan, dan budget kamu.

Selamat berkendara, patuhi aturan-aturan lalu lintas yang berlaku dijalan, dan hormati hak-hak pengguna jalan lain, terima kasih.

jangan lupa cuci mobil rutin

hmmm... belanja apalagi yah ?

words & photos by Aeriophoen

Senin, 14 Maret 2011

Trick dan Tips Belajar Skateboard

Skateboard adalah termasuk golongan olahraga ekstrim, bisa dibilang olahraga, bisa dibilang permainan, banyak orang yang tertarik dengan olahraga ini dikarenakan tingkat kesulitannya yang luar biasa, selain itu skateboard adalah olahraga yang menyenangkan dan dapat membuat kecanduan bagi siapapun yang menekuninya, butuh dedikasi dan konsistensi dalam olahraga ini.

Mulailah bermain skateboard.
Peralatan skateboard bisa kamu beli di toko skate (skateshop), jangan beli skateboard di toko mainan, karena hanya di skateshop kamu bisa mendapatkan best produk dan rekomendasi ukuran-ukuran skateboard yang terbaik untuk kamu.

Skateboard yang ada di skateshop ada yang sudah dijual 1 set komplit berupa papan (deck/board), trucks, wheels (roda), dan bearing, atau bisa dibeli terpisah dan dirakit sendiri, apabila harga skateboard baru masih dirasa terlalu mahal, kamu bisa mencari yang bekas dengan cara bertanya kesesama skateboarders. Jangan lupa memakai sepatu khusus untuk skateboard dan helm untuk pemula.

wheels & trucks

board/deck

skate shoes

Setelah kamu mendapatkan skateboard mu kamu bisa mulai belajar.
Untuk permulaan, kamu bisa belajar bermain skateboard di garasi rumah, tempat parkir, taman kota, skatepark, atau bergabung dengan komunitas skateboard terdekat, jangan bermain di jalan raya atau di tempat yang ada larangan bermain skateboard, karena beresiko ditabrak mobil, menganggu orang lain, atau skateboard kamu dirampas orang.

Peraturan dasar dalam belajar skateboard, adalah :
1. jangan belajar di tempat dimana pemain skate yang lain lalu-lalang (resiko tertabrak)
2. jangan mencoba trick tanpa ada basic dan keberanian (resiko cedera)
3. jangan menertawai teman yang jatuh (resiko digebukin)
4. hormati sesama pemain skate (mereka belajar juga dari nol seperti kamu)
5. jangan terlalu banyak bertanya tanpa mencoba sendiri (sedikit bertanya, banyak mencoba)

bermain skateboard di skatepark

Mulailah mencari teman untuk belajar bersama dan apabila kamu kebingungan untuk belajar skateboard, datang saja ke skatepark, untuk Jakarta ada beberapa skatepark yang bisa kamu datangi seperti Greenpark (lokasi di Taman Mini Indonesia Indah) atau Puink park (lokasi di Pademangan Jakarta Utara).

Skatepark biasanya ramai pada sore hari atau weekend, agar kamu bisa leluasa berlatih dan belajar, kamu bisa datang siang hari dan jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman, serta obat-obatan seperti balsem, counterpain, atau betadine, jangan sampai berlatih berlebihan karena dapat membuat kamu dehidrasi.

Belajar Skateboard
Mulailah dengan berdiri di atas papan skateboard, tentukan sendiri kamu menghadap kanan depan (goofy), atau kiri depan (regular). Mulailah menyeimbangkan badanmu diatas papan skateboard, mengayuh skateboardmu dengan kaki belakang, berbelok kekanan dan kekiri, dan belajar lompat (ollie).

Setelah sore hari datang, biasanya mulai banyak para pemain skate yang lebih mahir dari kamu, berlatihlah bersama mereka, tetapi jangan menggangu konsentrasi mereka bermain dengan terlalu banyak bertanya, kamu juga bisa belajar dari video skate. Setelah beberapa lama kamu dapat menguasai suatu trick skateboard dengan susah payah, maka ikutlah kedalam kompetisi skateboard, untuk meningkatkan skill kamu dan menilai diri sendiri.

kompetisi skateboard

Skateboard adalah olahraga sekaligus permainan yang menyenangkan, berlatihlah terus, jangan mudah menyerah, jangan kapok dengan cedera yang bakal kamu alami, karena kalau tidak jatuh, tidak belajar namanya, dan kepuasan bermain skateboard adalah disaat kita berhasil menguasai trick yang kita latih dengan susah payah.

Sampai disini dulu sedikit bagi-bagi informasi kepada teman-teman yang ingin belajar skateboard, semoga berguna, terimakasih.