Senin, 14 Maret 2011

Trick dan Tips Belajar Skateboard


Skateboard adalah termasuk golongan olahraga ekstrim, bisa dibilang olahraga, bisa dibilang permainan, banyak orang yang tertarik dengan olahraga ini dikarenakan tingkat kesulitannya yang luar biasa, selain itu skateboard adalah olahraga yang menyenangkan dan dapat membuat kecanduan bagi siapapun yang menekuninya, butuh dedikasi dan konsistensi dalam olahraga ini.

Mulailah bermain skateboard.
Peralatan skateboard bisa kamu beli di toko skate (skateshop), jangan beli skateboard di toko mainan, karena hanya di skateshop kamu bisa mendapatkan best produk dan rekomendasi ukuran-ukuran skateboard yang terbaik untuk kamu.

Skateboard yang ada di skateshop ada yang sudah dijual 1 set komplit berupa papan (deck/board), trucks, wheels (roda), dan bearing, atau bisa dibeli terpisah dan dirakit sendiri, apabila harga skateboard baru masih dirasa terlalu mahal, kamu bisa mencari yang bekas dengan cara bertanya kesesama skateboarders. Jangan lupa memakai sepatu khusus untuk skateboard dan helm untuk pemula.

wheels & trucks

board/deck

skate shoes


Setelah kamu mendapatkan skateboard mu kamu bisa mulai belajar.
Untuk permulaan, kamu bisa belajar bermain skateboard di garasi rumah, tempat parkir, taman kota, skatepark, atau bergabung dengan komunitas skateboard terdekat, jangan bermain di jalan raya atau di tempat yang ada larangan bermain skateboard, karena beresiko ditabrak mobil, menganggu orang lain, atau skateboard kamu dirampas orang.

Peraturan dasar dalam belajar skateboard, adalah :
1. jangan belajar di tempat dimana pemain skate yang lain lalu-lalang (resiko tertabrak)
2. jangan mencoba trick tanpa ada basic dan keberanian (resiko cedera)
3. jangan menertawai teman yang jatuh (resiko digebukin)
4. hormati sesama pemain skate (mereka belajar juga dari nol seperti kamu)
5. jangan terlalu banyak bertanya tanpa mencoba sendiri (sedikit bertanya, banyak mencoba)


bermain skateboard di skatepark

Mulailah mencari teman untuk belajar bersama dan apabila kamu kebingungan untuk belajar skateboard, datang saja ke skatepark, untuk Jakarta ada beberapa skatepark yang bisa kamu datangi seperti Greenpark (lokasi di Taman Mini Indonesia Indah) atau Puink park (lokasi di Pademangan Jakarta Utara).

Skatepark biasanya ramai pada sore hari atau weekend, agar kamu bisa leluasa berlatih dan belajar, kamu bisa datang siang hari dan jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman, serta obat-obatan seperti balsem, counterpain, atau betadine, jangan sampai berlatih berlebihan karena dapat membuat kamu dehidrasi.


Belajar Skateboard
Mulailah dengan berdiri di atas papan skateboard, tentukan sendiri kamu menghadap kanan depan (goofy), atau kiri depan (regular). Mulailah menyeimbangkan badanmu diatas papan skateboard, mengayuh skateboardmu dengan kaki belakang, berbelok kekanan dan kekiri, dan belajar lompat (ollie).

Setelah sore hari datang, biasanya mulai banyak para pemain skate yang lebih mahir dari kamu, berlatihlah bersama mereka, tetapi jangan menggangu konsentrasi mereka bermain dengan terlalu banyak bertanya, kamu juga bisa belajar dari video skate. Setelah beberapa lama kamu dapat menguasai suatu trick skateboard dengan susah payah, maka ikutlah kedalam kompetisi skateboard, untuk meningkatkan skill kamu dan menilai diri sendiri.

kompetisi skateboard

Skateboard adalah olahraga sekaligus permainan yang menyenangkan, berlatihlah terus, jangan mudah menyerah, jangan kapok dengan cedera yang bakal kamu alami, karena kalau tidak jatuh, tidak belajar namanya, dan kepuasan bermain skateboard adalah disaat kita berhasil menguasai trick yang kita latih dengan susah payah.


Sampai disini dulu sedikit bagi-bagi informasi kepada teman-teman yang ingin belajar skateboard, semoga berguna, terimakasih.

SKATEBOARDING IS FUN !

2 komentar: